PULAU KARIMUNJAWA "PARADISE ISLAND"

Tinggal di negara maritim yang terkenal dengan kekayaan dunia bawah lautnya, rasanya sayang jika Anda tidak meluangkan waktu untuk berlibur dan menikmati eksotisme surga bawah laut Karimun Jawa. Secara administratif, daerah yang terdiri dari 27 gugusan pulau ini merupakan kecamatan dari wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Ikan badut yang lucu telah menunggu Anda di Karimun untuk bermain bersama, belum lagi ikan-ikan hias lain yang tak sabar ingin Anda beri makan. Snorkeling sambil menikmati keindahan berbagai terumbu karang juga menjadi agenda wajib bagi Anda yang hendak berkunjung ke Karimun. Anda merasa pemberani atau hobi memacu adrenalin? Jangan lewatkan kesempatan untuk berenang bersama dengan ikan hiu.
Sebelum merencanakan perjalanan Anda ke Karimun, pastikan bahwa Anda datang pada bulan yang tepat. Waktu berkunjung terbaik ke Karimun Jawa adalah bulan April hingga Oktober, karena pada musim angin barat yang biasanya jatuh pada bulan november hingga maret, cuaca kerap kali tidak bersahabat untuk kegiatan berlayar ataupun berwisata.

Ada dua alternatif cara menuju Karimun Jawa, pertama melalui pelabuhan Tanjung Mas di Semarang atau melalui pelabuhan Kartini di Jepara. Ada beberapa jenis kapal yang bisa mengantarkan anda menuju Karimun Jawa, KM Muria, Kapal Kartini atau Anda bisa mencoba kapal baru Bahari Ekspres yang akan mengantarkan Anda ke Karimun Jawa hanya dalam waktu 2 jam.Harga tiketnya pun murah meriah

Jangan sampai Anda kalah bangun pagi dari sang matahari Karimun Jawa. Rugi rasanya jika Anda tidak meyambangi Pantai Palem, untuk menyaksikan sunrise. Kamera kesayangan, pastinya harus dibawa untuk mengabadikan momen indah ini.
Bagi Anda yang suka memicu adrenalin, aktivitas yang wajib anda masukan dalam agenda perjalanan di Karimun adalah mengunjungi Pulau Menjangan Besar. Pernahkah terbayang untuk berenang bersama dengan ikan hiu? Yah, di Pulau Menjangan Besar cukup dengan Rp 5.000 anda bisa berenang di kolam penangkaran hiu.
Lima belas menit perjalanan, dari dermaga Karimun Jawa, kita bisa mampir ke penangkaran hiu. Tempat ini bentuknya seperti wisma terapung di tengah laut, kalau kita masuk kedalam, areal bangunan berbahan dasar kayu dan triplek, tampak dua kolam besar berisi hiu beragam usia dan ukuran. Ada hiu sirip hitam dan hiu sirip putih, tinggal pilih hiu mana yang ingin anda ajak berenang.
Di sini wisatawan bebas berenang bersama penghuni kolam. Tak hanya hiu, ada juga ikan-ikan lainnya seperti ikan pogot dengan matanya yang besar, ikan buntal, dan ikan badut nan lucu... atau Anda juga bisa berfoto dengan ikan pari.
Saatnya meredakan adrenalin bersama ikan-ikan hias gemas yang tak sabar menunggu roti anda. Pulau Menjangan Kecil hanya memakan jarak tempuh 20 menit dari Pulau Menjangan Besar. Panorama di sekitar pulau tak kalah indahnya dengan pulau-pulau yang lain, sehingga pantas saja membuat pulau ini menjadi salah satu spot favorit pengunjung. Selain snorkeling, Anda juga bisa menikmati lautan dengan cara lain, seperti banana boat ataupun mengayuh kayaking.
Oya, benda wajib yang tak boleh dilupakan adalah roti tawar untuk ikan-ikan di Menjangan Kecil yang akan memakannya dengan lahap.


Kepulauan Karimunjawa
Karimunjawa sejak tahun 2001 memiliki nama resmi Taman Nasional Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa terdiri atas gugusan 27 buah pulau kecil dengan 5 buah pulau yang sudah berpenduduk di kepulauan ini.
Pulau yang sudah berpenduduk yaitu Pulau Genting, Pulau Kemujan, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Sebagian besar pulau di sana memiliki pantai dengan pasir putih.
Pulau-pulau yang menjadi favorit untuk dikunjungi para turis karena keindahan alamnya antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam. Ayo kita kunjungi pulau-pulau tersebut satu per satu!
  • Pulau Menjangan Besar
    Di Pulau Menjangan Besar terdapat penangkaran ikan hiu. Anda dapat menguji keberanian dengan masuk ke kolam penangkaran mereka dan berenang bersama ikan-ikan hiu ini. Tidak perlu takut, karena hiu di sini cukup jinak dan bersahabat dengan manusia.
  • Pulau Menjangan Kecil
    Pulau Menjangan Kecil pantas dikunjungi karena di perairan sekitar pulau ini terdapat banyak ikan kecil berwarna-warni yang cantik. Pulau ini memiliki pantai dan dasar laut yang indah dengan air yang jernih. Pulau ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba snorkeling.
  • Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar
    Pada kedua pulau ini terdapat banyak pohon cemara yang mungkin menjadi dasar nama kedua pulau ini. Hal unik lainnya adalah adanya daratan pantai dengan pasir putihnya yang menjorok ke laut.
  • Pulau Tanjung Gelam
    Pulau Tanjung Gelam merupakan pulau yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan.