TRANSPORTASI MENUJU GUNUNG RINJANI

Gunung Rinjani (3.726 mdpl), adalah gunung Tertinggi kedua di Indonesia, dipuncaknya memiliki kaldera besar dengan tebing-tebing batu tinggi beralaskan danau hijau Segara Anak (2.010 mdpl) dan disalah satu tepinya dihiasi serakan-serakan onggokan lava membeku yang mengelilingi gunung yang baru muncul Gunung Baru Jari (2.376 mdpl).

Dikatakan oleh para pendaki sebelumnya bahwa pendakian di Gunung Rinjani adalah the five star trekking (pendakian bintang lima), isyarat dan ajakan dari mereka yang pernah mencapai Rinjani, jika sebuah hotel maka ia adalah kelas paling tinggi, bintang lima. Saat ini ada tiga jalur resmi pendakian menuju puncak Gunung Rinjani, tentu saja ketiganya memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda dan menggunakannya akan ditentukan oleh tujuan pendakian yang akan dilakukan. Kali ini aku akan berbagi Info untuk menuju Posko Pendakian Gunung Rinjani Jalur "SENARU" (Utara).


Gunung Rinjani, salah satu gunung yang sering di jadikan tujuan para pendaki gunung dan para pecinta traveller yang terdapat di Lombok Nusa Tenggara Barat ini memang membutuhkan perjalanan yang panjang untuk menggapainya, terutama bagi pendaki dari luar Lombok. Dan berikut ini transportasi dan rute menuju Gunung Rinjani lewat jalur darat yang berpatokan dari Jakarta.



JAKARTA - BANYUWANGI
- KA Ekonomi Bengawan Rp. 37.000 ( Tanah Abang - Solo ), dari Tanah Abang jam 19.40. Turun di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta jam 06.00. Lanjut dengan naik KA Ekonomi Sri Tanjung Rp. 35.000 ( Yogyakarta - Banyuwangi ) jam 07.30 – jam 23.00.
- KA Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan Rp. 33.500 ( Kota - Gubeng ), dari Jakarta Kota jam 12.00 – jam 04.00. Bisa lanjut naik KA Bisnis Mutiara Timur Rp. 60.000 ( Gubeng - Banyuwangi ) jam 09.00 – jam 16.00, atau menunggu KA Ekonomi Sri Tanjung jam 14.00.

BANYUWANGI - BALI
- Dari Stasiun Banyuwangi cukup jalan kaki kira - kira 5 menit ke arah Pelabuhan Ketapang dan membayar tiket masuk kapal Rp. 6.000. Perjalanan kira - kira 45 menit.
- Sampai di Pelabuhan Gilimanuk naik bus kearah Terminal Ubung dan membayar Rp. 25.000, perjalanan sekitar 2 jam.
- Dari Terminal Ubung lanjut naik mobil Carry menuju Pelabuhan Padang Bai dan membayar  Rp. 25.000, perjalanan 1 jam.
- Dari Pelabuhan Padang Bai menyeberang ke Pelabuhan Lembar ( Lombok ) dan membayar tiket masuk kapal Rp. 36.000, perjalanan  4 jam.

BALI - LOMBOK
- Dari Pelabuhan Lembar naik mobil Carry menuju Terminal Bertais / Mandalika dan membayar Rp. 15.000, perjalanan sekitar 2 jam.
- Dari Terminal Bertais / Mandalika naik engkel ( sejenis Elf ) menuju Pasar Aikmel dan membayar Rp. 15.000, perjalanan 1 jam.
- Dari Pasar Aikmel naik engkel menuju Sembalun / Senaru dan membayar Rp. 25.000, perjalanan -+ 2 jam.

N.B :
- Bila ada perubahan signifikan, silahkan berikan komentarnya di bawah artikel untuk bahan masukan.

#sumber :www.belantaraindonesia.org